PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP BATUBARA

Posted By: faqih bahrudin - 12:59 PM

Share

& Comment



COAL BASED STEAM POWER PLANT
PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP BATUBARA
            Pengertian
Pembangkit listrik tenaga panas batubara adalah salah satu pembangkit listrik dari berbagai macam pembangkit listrik yang ada. Pada pembangkit ini steam / uap dihasilkan melalui pembakaran batu bara dan hasil dari pembakaran batu bara tersebut digunakan untuk memutar turbin.
            Di Indonesia sendiri PLTU bahan bakar batubara adalah pembangkit listrik yang paling banyak digunakan, disamping solar / diesel ( PLTD ) dan tenaga air ( PLTA ).
            Mekanisme kerja

            Mekanisme kerja dari pembangkit listrik ini dapat dibagi menjadi beberapa proses :
1.      Tungku / Firebox
Hal pertama yaitu dengan melebur batubara menjadi serbuk / tepung , hal ini guna mempermudah masuk ke dalam boiler yang melalui pipa. Lalu serbuk tadi dicampur dengan udara panas yang dihembuskan oleh kipas, udara panas sendiri dibuat oleh heater yang ada di dalam power plant tersebut.
Dengan tekanan tinggi, campuran udara dan serbuk batubara tadi disemprotkan ke tungku yang berada di boiler.
2.      Ketel / Boiler
Di dalam boiler, air di alirkan melalui pipa ke boiler, lalu di dalam boiler tersebut air tersebut akan berubah menjadi uap akibat panas hasil pembakaran campuran batu bara dan udara tadi.
Uap tersebut memiliki suhu hingga 1000º F atau 537 º C dengan tekanan sebesar 3500 psi atau 240 bar dan kemudian dialirkan ke turbin.
3.      Turbin
Uap yang memiliki tekanan tinggi tersebut akan mendorong pisau – pisau turbin untuk berputar. Dan poros turbin yang dihubungkan dengan generator akan menghasilkan listrik.
4.      Kondensator / Condenser
Setelah melewati turbin maka uap tersebut akan menuju ke kondensator. Di dalam kondensator tersebut uap panas itu akan didinginkan dan diembunkan menjadi air kembali.
Proses pendinginan ini sistemnya dengan penyerapan panas uap ke air sebagai media pendingin. Untuk mendinginkan uap dengan suhu tinggi tersebut dibutuhkan jumlah air yang banyak.
5.      Kondensator Air Pendingin / Condenser Water Cooling
Air akan dipompa ke dalam pipa tabung yang berjalan di sepanjang kondensator, air tersebut bertugas sebagai penyerap panas uap yang melalui kondesator dan mengubah uap itu menjadi air. Setelah itu air dipompa kembali ke boiler untuk diubah menjadi uap kembali.
Analisis Penerapan PLTU Batubara di Indonesia
a.       Kelebihan
1)      Stok melimpah
Stok batu bara di Indonesia yang melimpah tidak akan menjadi masalah untuk menghidupi kerja dari pembangkit listrik tersebut. Dikutip dari kompas.com stok batu bara Indonesia mencapai 31 milliar ton. Serta dilihat dari laju produksi batu bara ( tahun 2009 mencapai  225 juta ton ) dengan laju penyerapan yang sedikit ( 35% dalam negeri , 70% ekspor).
2)      Murah
Pembangunan pembangkit listrik dengan tenaga batu bara lebih murah daripada pembangkit listrik sumber lain. Karena stok batubara yang melimpah membuat harganya murah sehingga berdampak pada ongkos produksi. Cocok jika diaplikasikan di Indonesia yang masih membutuhkan banyak pembangkit energi.
3)      Relatif aman
Kegagalan dalam pembangkit listrik dengan batu bara tidak seperti pada pembangkit dengan reaktor nuklir, yang dapat mengakibatkan dampak yang luas dan buruk, Biasanya dampak hanya mencakup internal pembangkit itu saja. Cocok untuk Indonesia yang termasuk kawasan rawan gempa.
4)      Tidak bergantung kondisi alam
Pembangkit listrik tenaga uap batubara tidak seperti pembangkit dengan energi surya ataupun angin yang bergantung pada kondisi alam. Selama masih ada stok batubara, dapat beroperasi terus menerus.
b.      Kelemahan
1)      Emisi tinggi
Bahan bakar batubara memiliki kandungan emisi yang tinggi , hal ini menyebabkan pencemaran udara dan efek gas rumah kaca yang memiliki efek negatif bagi lingkungan.

2)      Efisiensi rendah
Efisiensi pada pembangkit ini termasuk rendah, berkisar antara 33-36%.
3)      Buruk untuk jangka panjang
Jumlah batubara di alam lama kelamaan akan habis, disamping itu batubara juga tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu Indonesia perlu mengembangkan energi terbarukan, seperti panas bumi dan nuklir.

About faqih bahrudin

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Machine Squad™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.